Penyakit pada organ tubuh gigi, dan gusi, serta mulut ditangani oleh dokter gigi. Sebagaimana dokter umum maka selain dokter gigi umum ada juga dokter gigi spesialis yang menangani penyakit khusus dari bagian tubuh gigi, dan gusi juga mulut tersebut. Jangan sampai salah, sebelum memutuskan untuk mengunjungi Dokter Gigi Spesialis Terdekat maka perlu datang ke dokter gigi umum dulu guna mendapatkan surat pengantarnya. Berikut beberapa dari dokter gigi spesialis tersebut.

Spesialis bedah mulut (Sp. BM)

Dokter spesialis bedah mulut ialah dokter gigi yang ahli melakukan berbagai jenis prosedur bedah pada area mulut serta rahang, lalu juga dalam pelayanan bedah rekonstruktif, serta implan gigi, dan tumor, sampai masalah kista rahang, dan lain sebagainya. Dokter spesialis bedah mulut ini memerlukan waktu sekitar 4 tahun hingga 8 tahun pelatihan tambahan terkait prosedur pembedahan pada bagian maksilofasial, yaitu tulang rahang, dan leher, serta wajah, sesudah selesai dan lulus dari sekolah kedokteran gigi, agar bisa bergelar Sp. BM tersebut. Jadi jika memerlukan penanganan operasi gigi bungsu dengan bius total, maka datangnya ke dokter gigi spesialis terdekat bedah mulut ini. Sedangkan untuk proses cabut gigi biasa maka bisa ditangani oleh dokter gigi umum, sedangkan jika disertai komplikasi maka perlu datang ke dokter spesialis bedah mulut ini. Juga untuk masalah tumor di area terkait, dan operasi celah bibir, serta perbaikan tulang rahang yang mungkin terjadi sebagai akibat kecelakaan.

Special’s ortodonti (Sp. Ort)

Dokter spesialis ortodonti ialah dokter gigi ahli diagnosis dan merawat posisi ataupun susunan gigi serta rahang yang tidak normal atau maloklusi. Sehingga bisa diperbaiki tampilannya juga fungsi gigitan gigi. Jadi jika hendak memasang behel ataupun kawat gigi, maka datangnya ke dokter gigi spesialis terdekat ortodonti. Diperlukan waktu sekitar 2 tahun hingga 3 tahun menjalani pelatihan tambahan sesudah lulus sekolah kedokteran gigi agar bisa mendapatkan gelar Sp. Ort ini.

Spesialis periodonsia (Sp. Perio)

Kemudian ada dokter gigi Spesialis periodonsia yaitu dokter gigi yang khusus melakukan diagnosis, dan perawatan, serta pencegahan penyakit pada jaringan lunak mulut yakni gusi, serta struktur pendukung lainnya seperti tulang gigi. Periodontal ialah jaringan pendukung yang mengelilingi gigi serta melekat pada tulang rahang. Jadi jika mengalami peradangan gigi, atau gusi bengkak, atau masalah gusi turun, atau gigi goyang, dab gigi berdarah, juga memerlukan implan gigi maka datangnya ke dokter gigi spesialis terdekat periodonsia ini. Diperlukan waktu sekitar 3 tahun pelatihan tambahan sesudah lulus sekolah kedokteran gigi, dan juga pelatihan untuk mengatasi masalah gusi yang mungkin membutuhkan pembedahan sebelum bisa menyandang gelar Sp. Perio ini.

Selain itu masih ada 5 bidang spesialisasi keahlian lagi bagi dokter gigi.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.