Persaingan bisnis snack dari waktu ke waktu kian sengit, banyak penjual makanan ringan yang terus berupaya dalam membuat cetak kemasan yang berbeda dari pihak kompetitor, bagaimana tidak? Kemasan yang menarik bisa semakin menarik perhatian konsumen meski jenis produk yang dijual tidak jauh berbeda, lantas bagaimana tips tepat memilih plastik kemasan?

Bahan Yang Sesuai

Sekarang ini beragam pilihan bahan kemasan yang bisa Anda temukan di pasaran, mulai dari bahan plastik biasa hingga bahan nylon, pemilihan bahan ini tentu saja harus Anda sesuaikan dengan jenis produk yang Anda jual, karena pemilihan bahan akan mempengaruhi kualitas produk tersebut terlebih jika produk yang dijual adalah makanan.

Tak hanya bahan yang menjadi perhatian tapi visual kemasan juga perlu diperhatikan, agar lebih menarik perhatian banyak orang Anda bisa membuat visual kemasan yang berwarna, visual yang memiliki banyak warna cenderung lebih mudah diminati orang daripada kemasan yang biasa atau polos, dengan bahan dan visual kemasan yang baik tentu akan lebih berpeluang menarik minat.

Bentuk Kemasan

Selain bahan ada juga hal lain yang tak luput dari perhatian yaitu bentuk kemasan, coba Anda perhatikan makanan ringan yang dijual di pusat perbelanjaan, bandingkan antara kemasan satu dan yang lainnya apakah ada yang berbeda?

Meski jenis dan varian produknya sama namun bentuk kemasan tentu berbeda, jika memiliki kemasan yang sama maka konsumen cenderung akan lebih memilih produk lain yang memiliki kemasan berbeda, ada beragam bentuk kemasan salah satunya yang paling sering digunakan yaitu standing pouch, untuk pemilihan bentuk cetak kemasan pastinya Anda perlu menyesuaikan dengan karakteristik produk serta target pasar.

Jenis Kemasan

Anda bisa memperhatikan banyaknya jenis kemasan yang beredar di pasaran adalah jenis kemasan plastik, selain praktis jenis kemasan plastik juga dinilai mampu melindungi produk dengan baik, tak heran jika banyak produsen yang memilih plastik sebagai pilihan kemasan produk yang praktis dan ekonomis.

Apalagi kemasan plastik bening banyak dipilih karena cukup mudah ditambahkan stiker pada permukaan kemasan, selain stiker Anda bisa dengan mudah menyablon kemasan dengan desain yang sesuai keinginan, kemasan yang ditambah stiker atau sablon dapat menjadi identitas produk sehingga memudahkan konsumen dalam mengenal usaha Anda.

Bila Anda tidak ingin menggunakan jenis kemasan plastik maka Anda bisa memilih jenis kemasan lain yang mungkin lebih menarik di mata konsumen, visual kemasan dan jenis kemasan memang bisa mempengaruhi daya tarik konsumen, jadi Anda perlu mempersiapkan dengan matang agar banyak konsumen yang mengenal dan membeli produk Anda.

Jadi sudahkah Anda menentukan kemasan yang sesuai dengan produk yang akan dijual? Pastikan Anda cetak kemasan yang dapat meningkatkan value produk.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.