Penting bagi pasangan suami istri untuk mengetahui masa subur, terlebih bagi yang merencanakan program kehamilan. Salah satu cara mengetahui masa subur wanita adalah dilihat dari siklus menstruasinya. Namun banyak wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur dan cenderung acak-acakan. Maka dari itu, dibutuhkan tes ovulasi pada PCOS.

Cara Tes Ovulasi

Masa subur wanita umumnya dimulai sekitar 10-14 hari sebelum masa menstruasi selanjutnya tiba. Namun ini hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi 28 hari, bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi kurang teratur dibutuhkan alat bantu untuk melakukan tes kesuburan.

Banyak beredar alat tes kesuburan di pasaran, anda bisa mencari dan mengikuti panduannya. Adapun waktu yang tepat untuk melakukan tes kesuburan adalah sekitar hari kesepuluh menstruasi.

Yang perlu anda ingat, tes ovulasi dan tes kehamilan berbeda adanya. Tes ovulasi digunakan untuk melihat tingkat kesuburan wanita dengan mendeteksi lonjakan hormone luteinizing (LH) yang umumnya mendahului ovulasi. Sedangkan tes kehamilan bekerja mendeteksi human chorionic gonadotropin (hGG) dalam urin.

Tes ovulasi pada PCOS bisa menggunakan tes darah, USG, tes suhu basal, dan tes lendir serviks. Sebaiknya anda juga berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan arahan yang tepat.

Apakah PCOS Bisa Hamil?

Normalnya siklus menstruasi wanita terjadi selama 28 hari, siklus menstruasi dikatakan tidak normal apabila kurang dari 24 hari atau lebih dari 38 hari. Banyak hal yang menjadi faktor siklus menstruasi tidak normal, salah satunya PCOS (Polycystic ovarian syndrome) yaitu kondisi ketika terganggunya fungsi ovarium seorang wanita pada masa subur. Dan untuk melihat masa subur pada PCOS perlu dilakukan tes ovulasi, tes ovulasi pada PCOS bisa menggunakan cara seperti diatas.

PCOS memang merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat kehamilan. Wanita dengan PCOS cenderung lebih membutuhkan banyak usaha untuk memperoleh kehamilan, namun bukan berarti mustahil. 

Selain program pengobatan dari dokter kandungan, beberapa cara ini dapat dilakukan untuk menunjang keberhasilan program pengobatan:

  1. Mengatur pola makan menjadi lebih sehat

Contohnya dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah serta sebisa mungkin menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet.

  1. Mengatur gaya hidup menjadi lebih sehat

Dapat dimulai dengan memperbaiki waktu tidur, rajin berolahraga, dan banyak beraktifitas.

  1. Mengelola stres dengan baik

Sebaiknya wanita yang mengidap PCOS mulai mengelola pikirannya dengan baik agar tidak mudah stres. Anda dapat mulai menyibukkan diri dan berpikir tentang hal-hal yang menyenangkan saja.

Dalam melakukan program kehamilan dan tes ovulasi pada PCOS, hendaknya suami dan istri turut andil dan saling memberikan support antara satu dan yang lain, karena ini merupakan hal yang berat dan bisa jadi melelahkan, namun ini akan terasa ringan bila dilalui berdua. 


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.