Orang tua selalu ingin anaknya juara dan mencapai nilai tinggi, juga pada mata pelajaran kimia. Tak jarang orang tua lalu memberikan berbagai bimbel (bimbingan belajar) atau les privat untuk anak yang karena saking padatnya jadwalnya sehingga anak kekurangan waktu rehat dan bahkan waktu tidurnya pun berkurang. Tentunya hal ini kurang bagus. Nah kapan waktu yang tepat bagi anak untuk mendapatkan bimbel, dalam hal ini adalah bimbel kimia. Berikut pembahasannya.

Ketika Nilai Mata Pelajaran Kimia Sangat Rendah

Nilai mata pelajaran kimia yang sangat rendah bahkan tak bisa mencapai syarat minimal nilai untuk bisa lulus maka ini suatu tanda yang sangat jelas bahwa anak sangat memerlukan bimbel kimia. Bukan anaknya yang bodoh tapi bisa jadi hal ini terjadi akibat anak kurang cocok dengan metode pengajarannya di sekolah yang cenderung berfokus pada teori dan dianggap kurang menarik oleh anak. Dengan mengikuti bimbel maka akan akan mendapat cara pandang yang baru terhadap mata pelajaran kimia sehingga menjadi lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh anak.

Ketika Anak Memintanya

Bisa jadi nilai mata pelajaran kimia anak di sekolah sudah bagus atau setidaknya sudah memenuhi nilai minimal syarat kenaikan kelas atau kelulusannya. Tapi anak memiliki ketertarikan lebih dalam mempelajari ilmu kimia dan ingin tahu lebih mendalam maka tak ada salahnya memberikan bimbel Kimia sesuai jadwal dan kebutuhan tiap anak.

Ketika Hendak Melaksanakan Ujian

Jika hendak melaksanakan suatu ujian maka anak perlu dibekali bimbel kimia agar anak tidak kaget dan telah terbiasa mengerjakan berbagai soal mata pelajaran kimia, mulai dari soal yang mudah, sedang hingga soal kimia yang sulit untuk dikerjakan. Apalagi jika tipe soalnya adalah dalam bentuk multiple choice atau tipe soal pilihan berganda, maka akan ada tips dan trik khusus yang akan diajarkan di bimbel kimia agar bisa menyelesaikan soal tersebut dalam waktu yang secepat mungkin secara singkat dan benar jawabannya, sesulit apapun soalnya. Ada murid yang pintar dalam mata pelajaran kimia di kelas sehari-hari. Tapi pada saat ujian nilainya turun drastis menjadi sangat rendah sedangkan murid yang sehari-hari biasa saja nilai mata pelajaran kimianya tapi pada saat menjalani ujian justru bisa mencapai nilai yang lebih tinggi. Hal ini karena memang diperlukan manajemen waktu dan tips serta trik dalam menjawab soal-soal berjenis multiple choice agar bisa mengerjakannya secepat mungkin dengan jawaban yang benar yang akan diajarkan di bimbel kimia, dengan rumus yang lebih singkat. Adapun jarak pelaksanaan bimbel kimia dengan waktu ujiannya serta durasinya tergantung kemampuan tiap anak. Makin lama waktu anak dalam beradaptasi dan menyerap pelajaran maka akan perlu jarak yang lebih panjang dengan jadwal durasi bimbel yang lebih banyak.

Itulah beberapa tanda anak perlu bimbel kimia.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.