Banyak orang sudah lihat tanda – tanda perubahan pasar mobil bekas sejak awal 2022 lalu. Sekarang, perubahan ini makin terasa jelas. Bila Anda ingin ambil kredit mobil bekas di tahun ini, ada beberapa event yang harus jadi pertimbangan.

Jika bisa menimbang event – event besar ini dan lebih cermat menentukan pilihan, kredit cicilan mobil bekas Anda dijamin lebih lancar. Ingin tahu event apa saja yang akan berpengaruh besar pada pilihan kredit mobil second Anda? Mari bahas bersama pada artikel berikut!

Harga Mobil Bekas Global Perlahan Melambung

Sejak awal Maret 2022, harga mobil bekas memang sudah naik. Banyak penjual yang memperkirakan kenaikan ini disebabkan rebound dari harga pandemi yang sudah lama jatuh. Kenaikan harga ini bergerak ke kondisi normal sama seperti tahun 2019 lalu.

Namun, ada juga yang prediksi bahwa harga mobil bekas naik di tahun ini akan melebihi batasan normal. Karena masih prediksi, tidak ada orang yang tahu kebenarannya. Walaupun begitu, Anda tetap harus siap – siap dengan perubahan harga ini.

Tanda – Tanda Inflasi Makin Terasa

Jika Anda perhatikan, harga – harga terlihat naik di berbagai sektor bisnis Indonesia. Kenaikan ini berangsur lamban sejak akhir Februari lalu. Namun, kenaikan perlahan ini tetap terasa sekarang ini. Kenaikan harga ini menjadi tanda inflasi yang paling jelas.

Inflasi pasti akan berpengaruh pada harga mobil bekas dan bahkan besaran bunga cicilan juga. Karena itu, Anda harus perhatikan kondisi inflasi Indonesia di tahun ini sebelum putuskan ambil kredit mobil second.

Kenaikan Harga Bahan Bakar Mempengaruhi Industri Otomotif

Bunga kredit mobil bekas akan terpengaruh juga dengan situasi industri otomotif. Jika kondisi bahan bakar masih mahal dalam jangka waktu lama, kebutuhan mobil pasti menurun. Memang opsi mobil listrik menjadi pilihan menarik di luar negeri. Namun di Indonesia, opsi ini masih belum ada.

Jadi semisal Anda ingin beli mobil bekas, harga dan besaran cicilan akan terpengaruhi situasi pasar tersebut. Mudah – mudahan saja harga bahan kembali normal di akhir tahun ini sehingga kondisi harga mobil bekas tidak terlalu berubah banyak.

Kebijakan Makro Pemerintah Akan Pengaruhi Bunga Cicilan

Kebijakan makro pemerintah saat menghadapi inflasi pasti akan berpengaruh pada besaran bunga cicilan. Hal ini sudah terlihat dari beberapa kebijakan bank besar untuk melakukan pengumuman bunga yang berlaku tahun 2022. Rata – rata bunga sudah dinaikan dan pastinya membuat cicilan Anda bertambah.

Besaran bunga diprediksi akan berubah ubah sepanjang 2022. Mengingat kondisi ekonomi global masih recovery dari pandemi dan perang Rusia Ukraina, dapat diperkirakan perubahan besaran bunga cicilan akan terjadi.

Selama memperhatikan event – event di atas, Anda bisa lebih cermat mempertimbangkan kredit mobil bekas, Baik besaran harga, bunga dan jangka waktu cicilan tetap akan terpengaruh berbagai variable. Jadi jangan hanya fokus pada situasi kredit Anda saja di 2022. Jangan sampai sudah ambil kredit, tapi malah terbebani karena ada efek dari event tersebut. Pastikan lebih hati – hati ambil kredit tahun ini!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.